Selasa, 25 Februari 2014

PELATIHAN PEMBUATAN KUE DESA LAREN KECAMATAN LAREN KABUPATEN LAMONGAN

Penduduk kecamatan laren sebagian besar mata pencariannya adalah petani dan Pedagang, dengan keadaan tersebut maka Desa Laren Pada Tahun Anggaran 2013 Tahun ini megusulkan Usulan Untuk pelatihan pembuatan Kue.

Selama ini para Penduduk membeli keperluan untuk sehari-hari ke Pasar, lagipula Pasar nya terletak di Desa laren dan yang berdagang di pasar tersebut kebanyakan  dari Luar Desa Laren. Sehinga Kelompok SPP memanfaatkan hal ini untuk Mengusulkan Pelatihan Pembuatan pada saat MAD Prioritas Usulan dan Perangkingan kemarin Desa Laren Alhamdulillah mendapat rangking 11 dan Dana yang tersedia sampai pada rangking tersebut sehinga Pelatihan tersebut bisa terdanai

 Pelatihan Pembuatan Kue  pada tahun 2013 yang ditetapkan dari hasil Musyawarah Antar Desa Penetapan usulan Program PNPM-MPd dengan alokasi dana sebesar Rp. 11.315.000,- (Sebelas Juta Tiga ratus Lima belas Ribu Rupiah). Usulan ini muncul karena pada tahun 2013 di kecamatan Laren  karena belum ada Usaha Kegiatan kecil kecilan di Desa untuk Pembuatan Kue dan Makanan ringan lain, sehingga pada saat itu masyarakat sangat membutuhkan. Desa Laren yang akhirnya mengusulkan Pelatihan Pembuatan Kue dan dapat di danai oleh Program nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) Kecamatan Laren. 
Pelaksanaan Pelatihan tersebut dilaksanakan sebelum Hari raya Iedul Fitri yaitu pada Tanggal 3-4 Juli 2013 yang dilaksanakan di BOGASARI SURABAYA. Dan mengirim kelompok SPP Desa Laren dengan jumlah 20 peserta yang berangkat dengan bersama sama mernyarter Mobil Elev pada Pukul 08.00 WIB dan tiba di tempat lokasi Pelatihan pada pukul 10.30 dan mulai pelatihan pada pukul 10.45 sampai pukul 16.30 WIB.

Dari hasil pelatihan yang sudah dilakukan dapat dimanfaatkan bukan hanya  bagi Kelompok SPP yang mengikuti pelatihan tersebut tapi juga masyarakat Desa laren sendiri dan juga oleh masyarakat dari desa-desa lain karena Setelah dari pelatihan, Kelompok tersebut masih aktif dan membuka usaha untuk membuat Kue. Dan pada saat menjelang hari Raya Iedul Fitri banyak pesanan Kue pada Kelompok binaan tersebut pada hari Raya kemarin dan hasilnya Lumayan untuk keberlangsungan dari usaha kelompok tersebut sehinga sampai sekarang usaha kelompok tersebut masih berlangsung sampai sekarang, dan setiap ada Pelatihan dan rapat-rapat di Pendopo Kecamatan maka PNPM Kecamatan laren pesan Snack dan makanan dari Kelompok Usaha tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar